13 Oktober 2022 12:18 pm

Perhatikan! Efek Meminum Kopi

Perhatikan! Efek Meminum Kopi
Kopi adalah minuman sehari-hari masyarakat Indonesia. Mulai dari orang tua sampai kawula muda menggandrungi minuman yang satu ini. Namun siapa sangka, konsumsi kopi dapat menimbulkan efek bagi kesehatan, lho! Ada sejumlah efek meminum kopi yang patut Anda waspadai.

Biasanya, orang meminum kopi untuk mengusir rasa kantuk juga meningkatkan konsentrasi. Kalau konsumsinya tidak berlebihan, tentunya efek buruk kopi tidak perlu kita cemaskan. Yang patut jadi perhatian, ketika tubuh mengkomsumsi kopi dalam batas wajar.

Alih-alih mengusir kantuk, kebiasaan ini dapat mengundang berbagai penyakit pada tubuh. Normalnya, manusia boleh mengkomsumsi kopi 2-3 cangkir saja dalam setiap harinya. Jika melebihi batas tersebut, sebaiknya segera waspada.

Masyarakat Indonesia punya caranya masing-masing dalam menikmati segelas kopi. Di pulau Kalimantan khususnya Pontianak, masyarakat setempat terbiasa dengan kopi pancong, sajian unik dalam menikmati segelas kopi.

Dalam kopi terdapat kandungan kafein sekitar 40 mg dalam setiap 100 gram kopi. Tubuh manusia memiliki toleransi yang berbeda-beda terhadap kafein. Ketika konsumsi kafein melebihi batas toleransi, tubuh dapat memberikan reaksi buruk.

Contohnya adalah insomnia, detak jantung menjadi lebih cepat dan lainnya. Efek seperti inilah yang perlu kita waspadai selagi mengkonsumsi kopi. Lebih jelasnya, berikut adalah efek meminum kopi yang harus Anda ketahui.

Efek Meminum Kopi yang Patut Anda Waspadai Demi Kesehatan

id.pinterest.com by self.com
id.pinterest.com by self.com

Jika dikonsumsi dalam jumlah cukup, kopi diyakini mampu menjaga sistem metabolisme pada tubuh, dan mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, asam urat bahkan kanker.

Namun, yang jadi perhatian adalah efek meminum kopi yang berlebihan. Alih-alih menjaga sistem metabolisme, konsumsi kopi berlebihan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Berikut beberapa dampak buruk konsumsi kopi berlebihan yang harus Anda tahu.

1. Insomnia


Umumnya, orang mengkonsumsi kopi dengan maksud mengusir rasa ngantuk, dan menjaga konsentrasi. Kopi memang bekerja dengan sangat baik dalam hal ini. Namun perlu Anda ketahui, efek sampingnya adalah insomnia atau gangguan pada waktu tidur.

Mereka yang tidak terbiasa dengan kopi, seringnya sulit tertidur. Inilah gejala awal dari insomnia. Jadi, kalau tidak terlalu butuh, sebaiknya hindari konsumsi kopi hanya untuk membuat Anda terbebas dari rasa kantuk, ya!

2.Sering Buang Air Kecil


Selain insomnia, konsumsi kopi berlebihan juga membuat Anda sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Kafein dalam kopi memiliki kandungan diuretik yang sifatnya adalah merangsang urine.Jadi, jangan kaget kalau frekuensi ke kamar mandi meningkat setelah minum kopi, ya!

3. Gelisah


Efek meminum kopi lainnya adalah perasaan yang gelisah. Ini terjadi karena kafein dapat menimbulkan efek stimulan pada manusia. Parahnya lagi, rasa cemas dan gelisah ini dapat menimbulkan serangan panik, lho!

4. Denyut Jantung Jadi Lebih Cepat


Efek ini biasanya muncul sebagai peringatan bahwa tubuh tidak dapat mentoleransi kafein lebih banyak lagi. Jika merasakan efek ini, lebih baik Anda segera mempetimbangkan asupan kopi sebelum efeknya bertambah jadi lebih buruk.

5. Gangguan Pencernaan


Konsumsi kopi berlebihan ternyata dapat mengganggu sistem pencernaan, lho! Dalam kopi terdapat zat yang bekerja sebagai efek pencahar. Zat ini memaksa usus bekerja lebih aktif dan akhirnya menganggu sistem pencernaan.Hindari konsumsi kopi dengan perut kosong. Tak cuma gangguan pencernaan, hal ini turut memicu penyakit lain seperti diare, maag bahkan GERD. Mengerikan sekali bukan?

6. Caffeine Withdrawal


Terakhir, efek meminum kopi dapat menimbulkan caffeine withdrawal. Ini adalah kondisi yang terjadi pada orang yang sudah biasa minum kopi. Jika tidak minum kopi mereka akan merasakan kegelisahan, rasa cemas, pusing bahkan suasana hati yang berubah-ubah.

Kondisi seperti ini menandakan bahwa Anda sudah kecanduan dan bergantung kepada kopi. Lalu bagaimana solusinya? Secara perlahan, cobalah mengurangi jumlah konsumsi kopi.

Jika mulanya 3 gelas setiap hari, kurangi menjadi 2 atau 1 gelas saja. Lakukan secara perlahan dan konsisten supaya Anda terbebas dari ketergantungan.

Meminum kopi tidak hanya memiliki efek samping saja, tetapi memiliki manfaat bagi tubuh juga, jika kalian tertarik untuk mengetahui manfaat kopi yuk kunjungi artikel kami yang lain.

Cara Aman Konsumsi Kopi

id.pinterest.com by kopikopikopi.com
id.pinterest.com by kopikopikopi.com

Supaya terhindar dari efek minum kopi seperti yang disebutkan tadi, Anda dapat menyiasatinya dengan menerapkan cara aman konsumsi kopi. Berikut ini adalah upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek buruk kopi pada tubuh.

1.Menambahkan Bubuk Kayu Manis Pada Kopi


Tahukah Anda, bubuk kayu manis atau cinnamon ternyata dapat kita konsumsi bersamaan dengan kopi, lho! Caranya dengan menaburkannya di atas kopi. Kayu manis diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh.Menurut sebuah penelitian, kayu manis memiliki efek baik yang dapat menurunkan kadar gula darah.

2. Hindari Menambahkan Pemanis Berlebihan


Cara aman konsumsi kopi berikutnya adalah menghindari menambahkan gula atau pemanis lain secara berlebihan. Untuk mengurangi rasa pahit, biasanya orang menambahkan sirup ataupun susu kental manis pada segelas kopi.Dalam jangka panjang, hal ini dapat menimbulkan resiko serius. Solusinya, cobalah menggunakan pemanis alami saja. Misalkan madu, atau gula kelapa.

3. Jangan Minum Kopi Di Atas Jam 2 Siang


Untuk mengurangi efek meminum kopi yang menyebabkan insomnia, sebaiknya jangan konsumsi kopi di atas jam 2 siang. Menurut sebuah penelitian, konsumsi kopi lewat dari jam 2 siang hanya akan menganggu kualitas tidur.

Itulah tadi tiga cara aman konsumsi kopi yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi dampak buruknya. Untuk Anda yang saat ini memiliki ketergantungan pada kopi, cobalah untuk mengurangi konsumsinya setiap hari supaya tubuh terhindar dari berbagai efek meminum kopi yang mengganggu kesehatan.

Semakin populer minuman kopi di kalangan anak muda hingga orang tua, tak heran jika Anda tertarik untuk menjual minuman ini. Namun, jika ingin berjualan minuman kopi dengan rasa lebih enak, Anda bisa memesannya di jasa maklon Powderdrink.id.
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak & Alamat
0811-2244-4455
0822-1122-1155
0852-2519-5252
0831-0804-5000
0812-5908-8470
powderdrink@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No. 54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta 55251
Metode Pengiriman
-
-
Berita Newsletter
`Berlangganan
-
@2024 powderdrink.id Inc.