24 November 2022 11:25 am

Yuk, Kenali Sejarah Kopi Linthong yang Melegenda dan Semakin Mendunia

Yuk, Kenali Sejarah Kopi Linthong yang Melegenda dan Semakin Mendunia
Saat menikmati keindahan alam di Danau Toba, Sumatera Utara akan terasa lebih lengkap dengan menikmati secangkir kopi. Pasalnya, tanah Toba memiliki kopi Linthong yang sudah melegenda dan terkenal memiliki cita rasa yang khas.

Bahkan kopi bernama Linthong ini lebih populer ketimbang kopi varietas lain seperti kopi Aceh Gayo dan kopi Aceh Mandailing. Tidak heran jika orang-orang sangat menyukai kopi jenis ini yang sudah terkenal di seluruh dunia.


Mengenal Tentang Kopi Legendaris Linthong yang Terkenal



Id.pinterest.com by amazon.com
Id.pinterest.com by amazon.com


Kopi salah satu jenis minuman yang tengah populer saat ini baik di kalangan orang dewasa hingga anak muda. Bahkan sudah banyak anak muda yang menjadi pecinta kopi termasuk kopi khas daerah atau negara dengan ciri khas tersendiri.

Salah satu kopi legendaris yang sedang mendunia adalah kopi arabika Linthong yang berasal dari salah satu daerah di Sumatera Utara. Proses pembuatan kopi ini melalui proses sangrai yang sangat spesial untuk menciptakan cita rasa yang unik.

Tidak heran harga kopi Linthong ini juga cukup spesial bahkan sudah terkenal di kalangan pecinta kopi baik di dalam maupun di luar negeri. Pasalnya, kopi khas Linthong, Sumatera Utara terkenal memiliki tingkat keasaman sedang dan tekstur kental yang menyatu.

Selain itu, biji kopi yang tumbuh di sekitar Danau Toba tidak kalah berkualitas dengan kopi khas negara lain. Baik keharuman hingga cita rasa yang kuat serta kompleks sangat cocok bagi Anda pecinta kopi untuk menikmati tanpa batas.


Sejarah Kopi Linthong


Ternyata ada sejarah yang menarik di balik kopi legendaris khas Sumatera Utara satu ini sangat bisa membuat orang penasaran. Tentu tidak lengkap rasanya jika Anda menikmati kopi khas daerah tanpa mengetahui sejarah dari kopi tersebut.

Sejarah kopi khas Linthong bermula pada tahun 1750 saat perusahaan dagang Belanda (VOC) mendatang biji kopi ke Sumatera Utara. Salah satunya di daerah Kecamatan Linthong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Hingga tahun 1800, penduduk Kecamatan Linthong Nihuta mulai melalukan penanaman biji kopi Linthong di beberapa daerah ketinggian. Dan bibit kopi berjenis kopi arabika tersebut berhasil tumbuh pada daerah ketinggian 1.000 meter lebih di atas permukaan laut.

Kopi jenis ini pertama kali terkenal ke masyarakat pada tahun 1888 dan tempat kawasan perkebunannya berada di sekitar bukit Danau Toba. Penyebaran penanaman bibit kopi khas Linthong ini terbagi pada 5 daerah di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Daerah tersebut antara lain Linthong Nihuta, Dolok Sanggul, Paranginan, Pollun, dan Onan Ganjang yang memiliki ketinggian 1.400 – 1.600 mdpl. Nama Linthong sendiri mengambil dari nama Kecamatan Linthong Nihuta sebagai merek dagang untuk kancah internasional.

Awal Mula Nama Kopi Linthong


Bagi pecinta kopi menikmati secangkir kopi sambil mengetahui kilas balik sejarah dari minuman tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya kopi yang khas dari Sumatera Utara dan sudah mendunia sebagai kopi legendaris.

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa kopi asal Sumatera Utara ini ternyata memiliki sejarah yang sangat menarik. Bahkan asal biji kopi yang legendaris satu ini berasal dari perusahaan dagang milik Belanda (VOC).

Tidak hanya sejarahnya saja yang menarik, namun awal mula penamaan kopi arabika khas Linthong ini juga berhasil membuat orang-orang penasaran. Lantas, bagaimana awal mula penamaan kopi khas Linthong Nihuta yang khas ini?

Kopi bernama Linthong ini sebenarnya bukan termasuk nama spesies atau jenis, seperti kopi arabika atau kopi robusta. Namun, nama kopi Linthong tersebut merupakan nama yang masyarakat pilih sebagai brand produk kopi yang khas dari daerah tersebut.

Nama yang berasal dari salah satu kecamatan di Humbang Hasundutan tersebut menjadi nama produk di pasar domestik hingga mancanegara. Tidak heran jika orang-orang bisa lebih mudah mengenal karakteristik dari kopi tersebut dari namanya yang mudah teringat.

Cita Rasa yang Khas Lintong Nihuta


Menelisik sejarah hingga awal mula penamaan kopi khas Sumatera Utara satu ini memang sangat menarik. Tidak heran jika kopi jenis arabika satu ini sangat terkenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Bahkan tidak salah Jika Anda menyukai atau memfavoritkan kopi arabika khas Linthong Nihuta ini yang terkenal memiliki cita rasa khas. Kopi asal Sumatera Utara terkenal memiliki bau yang tajam serta tekstur yang halus.

Selain itu, proses pembuatan kopi arabika satu ini melalui dua cara, yaitu semi-washed dan dry-processed. Tidak heran jika biji kopi ini bisa mengeluarkan aroma tanah dan rempah, serta aroma spicy, herbal, hingga rasa kacang atau cokelat yang khas.

Sekian ulasan singkat tentang sejarah hingga cita rasa yang khas dari kopi Linthong sebagai kopi legendaris asal Sumatera Utara. Selain informasi tentang kopi arabika, masih banyak informasi artikel lain dengan mengunjungi powderdrink.id.
Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak & Alamat
0811-2244-4455
0822-1122-1155
0852-2519-5252
0831-0804-5000
0812-5908-8470
powderdrink@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No. 54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta 55251
Metode Pengiriman
-
-
Berita Newsletter
`Berlangganan
-
@2024 powderdrink.id Inc.