21 September 2022 2:06 pm

Para Pecinta Kopi, Kalian Harus Tahu Manfaat Kopi Berikut Ini

Para Pecinta Kopi, Kalian Harus Tahu Manfaat Kopi Berikut Ini
Manfaat kopi yang begitu banyak sudah tidak dapat kita ragukan lagi. Khususnya bagi pecinta kopi, penting untuk mengetahui hal-hal mengenai apa saja khasiat dari mengonsumsi kopi.

Meskipun memang tidak semua orang cocok mengonsumsi kopi karena kondisi tertentu. Namun kandungan yang terdapat pada kopi memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sesederhana membantu kita menahan kantuk ketika aktifitas yang begitu padat.

Mengonsumsi kopi secara berlebih juga dapat membuat Anda mengalami kesulitan tidur di waktu malam. Selain itu juga bisa membuat jantung Anda berdebar lebih kencang.

Maka dari itu konsumsilah dengan takaran yang cukup sehingga manfaat kopi yang Anda peroleh bisa lebih maksimal.

Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai apa saja manfaat kopi bagi tubuh yang kita dapatkan, mari mengenal sekilas tentang kopi.


Sekilas Mengenai Kopi

id.pinterest.com by pngtree.com
id.pinterest.com by pngtree.com

Kopi ialah sebuah jenis minuman yang berasal dari seduhan biji tanaman kopi. Dalam pembuatannya, biji kopi perlu mengalami proses sangria dan penghalusan hingga menjadi bubuk kopi. Bubuk kopi halus inilah yang kita seduh menjadi minuman kopi.Secara umum terdapat dua jenis kopi yang terkenal yaitu kopi Arabika atau Arabica dan kopi Robusta atau Canephora.


1. Kopi Arabika


Jenis kopi ini merupakan kopi tradisional yang memiliki keunikan cita rasa. Kopi yang banyak kita jumpai di pasaran kebanyakan terbuat dari kopi ini. kopi arabika ini cocok tumbuh di iklim tropis pada suhu 18 hingga 26oC. kopi ini cukup populer menjadi olahan di pasaran karena banyak manfaat kopi arabika terkenal dapat menghambat kolesterol hingga risiko penuaan dini.Jika berada dalam lingkungan yang baik, tanaman kopi ini bisa tumbuh setinggi 3 meter. Hasil biji kopinya memiliki ukuran yang cukup kecil dengan warna kehijauan atau merah gelap.

2. Kopi Robusta


Jenis kopi ini memiliki rasa yang lebih asam dan pahit karena kandungan kafeinnya yang lebih banyak. Hal tersebut menyebabkan kopi robusta terkategorikan kopi kelas 2.Selain itu harganya lebih murah karena bisa tumbuh lebih mudah dari pada kopi arabika. Serta kopi ini lebih resisten terhadap serangan penyakit dan hama.

Kandungan Gizi Pada Kopi


Zat yang paling penting terdapat di dalam kopi ialah kafein. Pada 1 cangkir kopi biasanya mengandung kafein sekitar 80 – 125 mg. Kafein yang dikonsumsi oleh tubuh dapat memproduksi hormon adrenalin. Selain itu kafein juga bisa membalikkan kinerja adenosine, sehingga kita tidak merasa kantuk. Timbul rasa segar, kemudian jantung berdebar-debar serta pelepasan gula oleh hati ke aliran darah sehingga membentuk energi tambahan. Namun selain kafein ada kandungan lainnya pada kopi. Jika kita lihat dari satu takaran kopi 100 gram berupa berat kering, di dalamnya terkandung 352 kal energi, 17,4 gram protein, 69 gram karbohidrat dan 1,3 gram lemak.

Manfaat Kopi bagi Tubuh


Tidak hanya sebagai jurus penahan kantuk kala beraktivitas, banyak manfaat kopi yang baik bagi tubuh kita. Apa saja manfaat tersebut? Simak berikut ini.
id.pinterest.com by purewow.com
id.pinterest.com by purewow.com

1. Membantu Menurunkan Berat Badan


Pada setiap suplemen yang mengklaim pembakar lemak, dapat kita temukan kandungan kafein di dalamnya. Kafein ialah salah satu zat yang sudah terbukti mampu membantu dalam hal pembakaran lemak.Berdasarkan sebuah penelitian memperoleh hasil yang menunjukkan jika kafein khususnya, mampu meningkatkan pembakaran lemak. Pada orang yang gemuk dalam membakar sebanyak 10%. Sedangkan pada orang yang kurus mampu membakar lemak sebanyak 29%.Meski demikian, kemampuan pembakaran lemak tersebut akan mengalami kemungkinan penurunan jika Anda adalah seorang peminum kopi dalam jangka panjang.

2. Mencegah Resiko Penyakit Otak


Kasus penyakit demensia di dunia paling banyak penyebabnya berasal dari penyakit Alzheimer yang merupakan golongan penyakit neurodegeneratif. Kebanyakan kondisi ini menyerang pada orang lanjut usia, kisaran di 65 tahun ke atas. Sementara itu belum ada obat untuk penyakit ini.Meski begitu kita perlu melakukan hal yang dapat mencegah potensi terjadinya penyakit ini sedini mungkin. Adanya penelitian manfaat kopi yang hasilnya menunjukkan bahwa bagi orang yang mengonsumsi kopi, resiko untuk terkena penyakit Alzheimer kemungkinan 65% lebih rendah dari pada yang tidak.

3. Mencegah Risiko Diabetes


Terdapat studi yang mengamati orang peminum kopi terhadapt resiko diabetes. Hasil yang diperoleh bahwa mereka berisiko lebih rendah hingga 23-50%. Bahkan dalam ulasan lain terdapat pernyataan bahwa meminum secangkir kopi setiap hari dapat dikaitkan dengan penurunan 7% terhadap resiko terkena diabetes.

4. Melindungi Kesehatan Hati


Sebagai organ penting dalam tubuh yang menjalankan banyak fungsi, kesehatan hati perlu untuk dijaga. Karena belakangan ini mulai banyak penyakit yang menyerang hati. Misalnya penyakit hati berlemak hingga hepatitis,Nah di sinilah hal penting yang perlu Anda ketahui bahwa kondisi dari beberapa penyakit tersebut bisa berakibat sirosis. Menariknya salah satu manfaat kopi ialah melindungi tubuh dari resiko sirosis.Bagi penikmat kopi memiliki resiko lebih rendah terhadap resiko sirosis hingga 80%. Apalagi bagi penikmat kopi yang meminum kurang lebih 4 cangkir sehari.

5. Menjaga Keadaan Mood


Penelitian yang dilakukan oleh The Healthy pada tahun 2013 melalui Harvard School of Public Health, mereka menemukan bahwa ada penurunan tingkat bunuh diri sebesar 45% pada orang yang mengonsumsi kopi 2 sampai 3 gelas sehari.Hal tersebut karena kafein dapat meningkatkan suasana hati kita. Dengan begitu pada akhirnya akan terhindar dari peluang mengalami depresi dan melakukan bunuh diri.Manfaat kopi terhadap emosi dapat menimbulkan perasaan senang, kasih sayang, ketenangan, keouasan dan emosi positif lainnya. Berdasarkan temuan para peneliti menyatakan bahwa tidak ada pengaruh negatif terhadap emosi yang ditimbulkan dari mengonsumsi kopi.

6. Manfaat dari Kandungan Antioksidan


Biji kopi telah diteliti dan mendapatkan hasil bahwa terdapat cukup besar kandungan antioksidan. Kandungan ini dapat membantu dalam perlindungan kesehatan tubuh. Karena terbukti dapat mengurangi pradangan juga membantu melindungi tubuh dari penyakit kronis.Oleh karena kandungan antioksidan ini pula, banyak produk kesehatan dari kopi. Termasuk produk kesehatan kulit seperti masker. Manfaat kopi untuk kulit dapat mengencangkan kulit, mengobati jerawat hingga mengatasi hiperpigmentasi.

7. Meningkatkan Energi


Kandungan zat psikoaktif dalam kopi yaitu kafein dapat menimbulkan peningkatan energi pada tubuh. Hal inilah yang membuat banyak orang mengonsumsi kopi.Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan terserap melalui aliran darah. Searah dengan beberapa penelitian terkontrol yang pernah dilakukan kepada manusia bahwa kopi mampu meningkatkan fungsi otak hingga tingkat energi dalam tubuh.Jika pecinta kopi dan ingin merasakan manfaat kopi dengan racikan dan brand sendiri, bisa kunjungi powderdrink.id. Di sana Anda bisa membuat kopi stamina dengan private label dan formulasi sendiri

Blog Post Lainnya
Social Media
Kontak & Alamat
0811-2244-4455
0822-1122-1155
0852-2519-5252
0831-0804-5000
0812-5908-8470
powderdrink@gmail.com
Jl. Sugeng Jeroni No. 54, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta 55251
Metode Pengiriman
-
-
Berita Newsletter
`Berlangganan
-
@2024 powderdrink.id Inc.